Mar 9, 2015

Just Brownie: Brownies Bertekstur Chewy-Fudgy Dari Rina Laurence


Just Brownies, It'll make your teeth dirty but it's worth every bite
 Brownies adalah finger food manis legit berbentuk bar (irisan kotak kecil) khas Amerika Serikat yang sangat mudah dibuat. Rasa, warna, tekstur padat, dan wujudnya yang pendek itu BUKAN karena dia bantat, padatnya tekstur brownies dikarenakan kandungan coklat dan gula yang sangat tinggi dan sedikit tepung digunakan dalam adonannya.

Masih banyak yang salah kaprah menyebut segala macam cake dan quick bread rasa coklat dengan sebutan brownies, padahal brownies BUKANLAH CAKE COKELAT. Saat membuat cake, biasanya aerasi menjadi salah satu faktor penting karena cake diharapkan untuk mengembang, sedangkan dalam proses pembuatan  brownies kita tidak perlu fokus pada aerasi dan mengocok adonan sampai mengembang karena hasil akhir yang diharapkan tidak sama dengan saat membuat cake. Meskipun ada brownies yang teksturnya cakey, tetap saja tidak setinggi dan selembut cake.

Dari segi tampilan, brownies itu pendek, renyah luarnya, lengket & legit dalamnya. Brownies  sengaja dibuat pendek karena jika brownies dibuat tinggi seperti cake, akan sangat sulit untuk memakannya dikarenakan teksturnya yang sangat legit (chewy).

diamkan semalaman di lemari es, celupkan ke susu, gigit, hmmm... heaven on earth!
Just Brownie
by Rina Laurence
Bahan-bahan:
  • 250gr Dark Chocolate dicincang
  • 1/2 Cup (110gr) mentega - kalau mau pakai margarin juga boleh
  • 1/2 Cup (110gr) brown sugar*
  • 2  telur ukuran besar
  • 1/2 C (60-70gr) terigu serba guna
Cara membuat:
  1. Double boil coklat dengan mentega di api kecil sampai agak lumer. Matikan kompor, aduk cepat sampai benar-benar larut.
  2. Masukkan gula lalu aduk lagi sampai agak larut. Diamkan sampai hangat kuku.
  3. Masukkan telur satu persatu, aduk rata setiap telur dimasukkan. Terakhir, masukkan terigu lalu aduk rata.
  4. Tuang ke brownies loaf (loyang brownies) 20x10x4 berlapis aluminum foil. Panggang di 160°C sekitar 20-25 menit. Dinginkan
Lebih nikmat setelah diinapkan semalaman, apalagi kalau diinapkan di lemari es.
Note:
  • Jika tidak ada stock brown sugar, bisa pakai gula kastor atau bahkan gula pasir putih biasa. Bedanya apa? tentu saja pada tingkat keharuman dan kenikmatan haha.
  • Takaran gula bisa dikurangi sampai separuhnya karena kebanyakan cokelat di Indonesia kandungan gulanya sangat tinggi.

Silahkan klik logo sosmed dibawah (facebook/twitter/pinterest/G+) untuk menyimpan resep/info ini. | Jika rebake / recook / repost di tempat lain harap cantumkan nama blog ini & linknya. Thanks :)