Jul 27, 2015

Chocolate Lava Cake

Ceritanya malam itu saya dan pasangan menghabiskan waktu bersama dengan menonton film kartun (yaaa maklum lah, kami memang pasangan super unyu, jadi nontonnya kartun deh haahaa). Kurang asik dong kalau nonton kartun ngga sambil ngemil, hmmm... mulai deh pencet pause dan cari-cari inspirasi resep cemilan yang mudah dan cepat.

Hasil searching resep membawa saya landing di blog milik Doris Choo dan saya coba salah satu resep yang ia posting disitu. Ini hasil modifikasi takaran dari resep asli dan ditambah coklat bubuk untuk memperkuat rasa & aroma. Hasilnya? Of course yummy laaaah... kami berdua malah lupa kalau tadi sedang nonton kartun, malah keasikan nyolek-nyolek lumeran coklat dari lava cake ini sambil kadang saling colek-colekan juga.
 

Chocolate Lava Cake
by Rina Laurence
Sumber resep: Doris Choo

Bahan-bahan:
  • 75 gr dark compound chocolate
  • 3 sdm margarine
  • 1 telur utuh
  • 1 kuning telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 sdm terigu serba guna
  • 1 sdt coklat bubuk
  • sejumput garam & vanili bubuk
Cara membuat:
  1. Lelehkan compound coklat & margarin. Sisihkan. 
  2. Kocok telur & gula pakai whisk/garpu
  3. Ayak bahan kering ke kocokan  telur, aduk rata. Tuang lelehan coklat ke adonan tersebut & aduk rata.
  4. Bagi rata adonan ke 3 buah muffin tins bersemir anti lengket, oven 10 menit di 160°C.
  5. ATAU BISA JUGA DIKUKUS sekitar 8 menit di api sedang (durasi tergantung kompor & ukuran cake, sesuaikan saja).
  6. Biarkan agak dingin, barulah dikeluarkan dari cetakan (supaya cake tidak hancur saat dibalik).
Notes:
  • Lelehan kental di tengah adonan itu sudah matang tapi belum set (padat). Ini terjadi karena proses pematangan cake itu dari luar ke dalam. Saat sekeliling luar cake sudah set, bagian tengah jadi hot chocolate fudge.
  • Kalau tidak meleleh tengahnya berarti terlalu lama ngoven/ngukusnya, beda kukusan & kompor berarti beda waktu yang dibutuhkan, tes tusuk pakai tusuk gigi/tusuk sate/gagang sendok setelah 5 menit untuk tahu tingkat kematangan cake. Kalau setelah ditusuk ada adonan super kental/gumpalan menempel berarti cake sudah jadi. Kalau adonan cair berarti harus lanjut mengukus/mengoven.


Silahkan dicoba! ♥

1 comment:

  1. Thanks Mba Rina.. resepnya keren. Mo nanya dong, kalau muffin tin nya dialas pake kertas cupcake trus baru dituang adonan, hasilnya tetap ok kah? Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, memberi saran, atau sekedar berkomentar tentang postingan ini.