Nov 2, 2015

Easy Pizza: Bikin Pizza Itu Mudah & Cepat!

Siapa yang tega bilang tidak saat ada  anak kecil ganteng berbisik "mau pizza, kita bikin pizza yuk", setelah berbisik pakai acara nyengir lebar sampai kelihatan ompongnya pula. Sebenarnya saya sudah bikin pizza untuk si ompong ini kemarin, tapi karena dia diajak hangout ke acara arisan keluarga sama mamanya, habis dehhh pizzanya waktu dia pulang dari arisan itu. Ternyata dia masih kekeuh kepingin pizza dan jurus nyengir ompongnya berhasil membuat saya bergerak dari sofa ruang TV ke dapur untuk bikin adonan.

Seperti semua anak kecil, yang satu ini juga sering tidak sabaran menunggu proses pembuatan sampai makanan matang, apalagi kalau setelah matang makanannya difoto dulu, wuihhh langsung uring-uringan deh karena waktu tunggu untuk menyantap makanannya jadi semakin lama (maaf ya..., bocil, maklumi food blogger ini, bukan maksud alay lho moto-motoin makanan, sumpah ini demi blog). Nah... makanya saya buatkan pizza ini saja supaya dia tidak bolak-balik bertanya "udah matang ya?". Saya sebut saja sebagai easy pizza karena memang membuatnya sangat mudah dan relatif cepat dibandingkan dengan proses pembuatan pizza pada umumnya.

Meskipun proses pembuatannya relatif cepat, hasil akhir dari resep easy pizza à la Recipes by Rina ini tetap renyah di luar dan empuk di dalamnya, tidak keras atau bantet (eitz... dengan catatan, harus nurut step by stepnya dengan benar yaaa). Sayang sekali stock mozzarellanya kurang sehingga lumeran cantiknya tidak bisa kelihatan. Yuk ah, langsung saja dibaca resep easy pizzanya, dibaca dengan teliti ya supaya dimengerti.

Foto seadanya ya, ada yang sudah nungguin sih hehe

Easy Pizza
Rina Laurence
Bahan-bahan Untuk Roti Pizza:
  • 3 cups (420gr) terigu protein tinggi
  • 2 sdt ragi instant
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 300ml air hangat, gunakan secukupnya saja
  • 3sdm (45ml) minyak
Bahan-bahan Untuk Topping:
  • 2 bawang bombay besar, iris
  • 1 kemasan (350gr) saus bolognaise siap pakai, saya pakai pronas
  • 200gr sosis sapi siap makan, iris
  • 3 sdm pasta tomat (bisa juga pakai saus tomat)
  • 150ml air
  • 1 sdt oregano kering
  • Keju cheddar & mozarella sesuai selera

Cara membuat:
  1. Untuk membuat saus topping easy pizza, tumis bawang bombay sampai harum, masukkan semua bahan topping (kecuali keju), aduk rata dan biarkan sampai mengental.
  2. Untuk membuat roti easy pizza, campur semua bahan kering, tuang air secukupnya dan aduk adonan sampai rata. Masukkan minyak, aduk adonan sampai kalis.
  3. Bagi adonan jadi 3 (jika ingin large pizza) atau bagi 4 (untuk medium pizza). Istirahatkan di tempat hangat selama 15-20 menit kemudian gilas dan tata rapi di loyang dan tusuk-tusuk pakai garpu.
  4. Beri saus bolognaise merata, taburi dengan parutan keju cheddar dan mozarella. Panggang di 190°C sampai matang sekitar 15-20 menit (tergantung jenis loyang dan ukuran pizza)
Sudah baca dengan teliti? Gampang kan? Perhatikan bagian yang ditebalkan ya, itu tidak boleh dilanggar kalau mau hasilnya bagus. Saya sudah dapat acungan jempol imut dan kecupan tanda terima kasih dari si ganteng ompong, "hmmm enak..." katanya sambil nyengir kekenyangan, sekarang giliran Anda yang dapat pujian dari keluarga.

Resep ini untuk 4 medium pan pizza ya, kebetulan pasukan  (baca: keluarga) ngumpul semua jadi saya bikin pizzanya sekalian untuk anggota satu peleton haha. Yuk coba rebake dan posting laporan hasilnya di fp Recipes by Rina ya.


Note:
  1. Untuk menghemat waktu, buatlah saus topping saat adonan sedang diistirahatkan. Trick ini mempersingkat waktu total pembuatan jadi hanya sekitar 50 menit saja dari persiapan sampai pizza matang. Jauh lebih singkat dari resep pada umumnya yang mengharuskan adonan diistirahatkan sampai 1 jam.

Harap selalu diingat, yang digunakan untuk menakar bahan dalam Recipes by Rina adalah measuring cups & spoons standar Amerika Serikat. Check dulu, apakah measuring cups & spoons yang Anda miliki sesuai standar Amerika Serikat atau Australia, karena ukuran keduanya berbeda. Bagi yang tidak memiliki measuring cups set, gunakan timbangan dan ikuti ukuran metriknya saja (gr, ml, kg, dll.) JANGAN gunakan sendok makan atau gelas minum!

5 comments:

  1. mungkin yg di maksud udara itu = air yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udara? Bagian mana yang menyebutkan udara ya?

      Delete
  2. Oya kl sy mw buat utk stenga resep bs gak..gmn mmbedakan measuring cup yg amerika sama yg australia

    ReplyDelete
  3. Oya mw tnya bs gak??
    1. Bisa tdk sy buat untuk stenga resep buat coba2..berarti sluruh takarannya stenga kan

    2.misal saya ingn mnyimpan sisa resepnya utk dmasak bsok atw mlamnya (buat mnghemat waktu) sy smpan di kulkas??kl bs caranya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bisa. Iya betul.
      2. Bungkus rapat dengan clingwrap atau simpan dalam wadah tertutup. Simpan di freezer. Saat mau digunakan, biarkan di suhu ruang sampai empuk lagi, ulen sebentar, bentuk, panggang.
      3. Measuring cups Amerika 1 cupnya 240ml dan 1 sdmnya 15ml. Measuring cups Australia 1 cupnya 250ml dan 1 sdmnya 20ml.

      Delete

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, memberi saran, atau sekedar berkomentar tentang postingan ini.