Dec 15, 2015

Cake Tanpa Telur & Susu Tapi Tetap Nikmat

Sore tadi ada yang uring-uringan ngga bisa diam walaupun dia disuguhin kartun kesukaannya. Mama bilang sih itu tandanya dia ngantuk, tapi saya pikir si bocah itu mungkin kepingin ngemil dan bakalan anteng kalau disuruh ngunyah muffin cokelat kesukaannya. 

Langsung saja saya ke dapur dan menyiapkan bahan kering, takar-takar dan ayak-ayak sambil sedikit humming lagu fly me to the moon. Pas mau menyiapkan bahan basah, tadaaaa... ternyata tak ada satu butir telurpun di dapur. Hiyah... tak ada stock pisang atau apel pula untuk pengganti telur. Maksud hati mau laporan ke "calon customer" bahwa telur habis dan muffinnya bakal agak beda sedikit dari biasanya, eh... ternyata dirinya keburu tepar alias ketiduran. Mama bilang lanjut saja bakingnya, nanti kan kalau sudah ada kue pasti ada saja yang bakal makan.

Nah, berhubung si bocah sudah tidur, saya putuskan untuk membuat cake untuk yang dewasa saja deh, terbayang perpaduan kopi hitam bertemu coklat dan jadi mocha yang harum dengan cita rasa khas maka saya seduh kopi tanpa ampas sebagai salah satu bahan untuk membuat cake tersebut. Saat memanggang cake saya baru sadar, eh... ini jadi mirip black magic cake dong, tapi tanpa telur & susu, hmm... langsung kepedean deh rasanya pasti bakalan enak, dan ternyata... yes! Rasanya memang enaaaak dan cakenya langsung "laku", alias habis dalam waktu singkat karena semua yang mencoba suka rasanya.

Mau tahu bahan dan cara pembuatannya? Check it out!

Fotonya memang kurang cantik, tapi sumpah... rasanya yummy bangeeet! Legit dan emmmhh pokoknya enaaak deh.

Bittersweet Mocha Cake
Rina Laurence
Bahan Kering:
  • 3/4 cup (100gr) terigu protein rendah
  • 1/2 cup (110gr) gula pasir
  • 1/2 cup (55gr) coklat bubuk, saya pakai Van Houten
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt vanilla susu atau vanilla biasa
Bahan Basah:
  • 1/4 cup (60gr) mentega, saya pakai Lurpak
  • 1 sdt kopi hitam tanpa ampas, saya pakai nescafĂ© classic
  • 1/2 cup + 2 sdm (150ml) air panas
Pelengkap:
  • 1/2 cup chocochips
Cara membuat:
  1. Campur & ayak semua bahan kering, kecuali gula pasir. Masukkan gula pasir, aduk rata. 
  2. Seduh kopi dengan air panas, aduk rata, masukkan mentega & aduk sampai mentega lumer seluruhnya, biarkan dingin.
  3. Tuang bahan cair yang sudah dingin ke wadah berisi bahan kering & aduk perlahan tapi jangan terlalu lama mengaduk, pokoknya sampai sekedar kelihatan tercampur rata saja. Adonan seperti adonan muffin, mirip lumpur kental (soft-solid).
  4. Tuang separuh adonan ke loyang brownies 22x10x4 yang berlapis aluminum foil atau kertas roti, taburi dengan chocochips, tutup dengan sisa adonan, ratakan. 
  5. Panggang di suhu 180°C sampai matang sekitar 25 menit (tergantung jenis loyang dan oven masing-masing). Cooling, iris kotak.

Hmmm.... rasanya bittersweet dan teksturnya empuk legit, pokoknya nikmat banget seperti cake pakai banyak kuning telur.  Rasanya makan cuma 1 bar saja tidak cukup, setiap gigitan bikin kita kepingin lagi dan lagi dan lagi, apalagi kalau Anda penggemar cokelat yang berpadu dengan kopi menjadi mocha yang sexy aduhai membelai lidah.

Untuk beberapa bahan dalam resep bittersweet mocha cake by Rina Laurence ini, ada alternatif lainnya seperti pada notes dibawah ini:
  1. Seperti namanya, cake ini memang tidak terlalu manis melainkan bittersweet (manis-pahit khas cokelat & kopi). Jika ingin versi manisnya, silahkan tambahkan takaran gula sesuai selera.
  2. Saya menggunakan mentega yang dilumerkan karena dalam resep ini tidak menggunakan susu, sehingga harum khas susu bisa saya dapatkan dari mentega. Jika Anda tidak punya stock mentega, silahkan gunakan minyak.
  3. Penggunaan vanilla susu juga saya pilih supaya cakenya lebih harum, jika ingin pakai vanilla extract atau bubuk vanili juga boleh.
  4. Hati-hati saat mengaduk! Perlahan tapi rata, jangan asal aduk, bisa bantat hasilnya.
Ayo coba bikin juga, bahan-bahannya mudah didapat, pembuatannya mudah dan relatif cepat, serta rasanya enak. Jangan lupa posting hasil rebakenya di facebook page Recipes by Rina atau tag di instagram juga ya :)


3 comments:

  1. Mba Rina, ini bisa dikukus ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa. Silahkan bereksperimen

      Delete
  2. harga telu naikkkk... ini bisa jadi alternatif. hmmm..

    ReplyDelete

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, memberi saran, atau sekedar berkomentar tentang postingan ini.