Mar 5, 2016

Bikin Keju Mozzarella Atau...

Dari Judulnya mungkin sudah bisa ditebak bahwa postingan kali ini akan membahas tentang satu lagi kesalah kaprahan yang dibiarkan oleh banyak orang dan semakin hari semakin tersebar dan menyesatkan para newbies.Eitzzz... inga' inga', kalau baca postingan semacam ini pastikan hati dan pikiran bersih haha, soalnya kalau keburu gondok duluan nanti bisa kena stroke mendadak saking kesalnya tertampar fakta.


Siap? Sudah adem ayem hati dan pikirannya? Ok, silahkan baca ulasan di bawah ini.

Sering lihat kan orang posting bilang bahwa dia baru saja bikin keju mozzarella rumahan tapi pas dilihat bahan-bahannya ada keju cheddar (treng gondreng... kesalahan pertama), susu, tepung dan sebagian bahkan menambahkan bubuk jelly supaya ada efek lumer dan mulur katanya. Nah, tau ga sih guys (niru gaya narator acara TV itu lho), kalau yang dibuat oleh mereka itu sebenarnya bukan mozzarella melainkan saus cheddar alias cheddar sauce? Cheddar sauce ini masih salah satu keluarga dari white sauce dan masuknya dalam kategori Mornay sauce (saus putih mengandung keju).

Cara membuat cheddar sauce ya mirip sekali dengan yang selalu dibuat oleh para ibu di grup-grup kuliner itu, susu dipanaskan lalu ditambahkan parutan keju diaduk sampai kejunya larut lalu ditambahkan maizena atau terigu sampai mengental, biasanya diberi garam dan merica juga untuk menambah cita rasa tetapi tidak pakai pun tidak apa-apa. Saus keju ini digunakan sebagai dressing untuk makan pasta, ayam, ataupun kuah sup kental. Nah... kalau yang pakai acara ditambahin jelly segala, itu jadinya jelly rasa keju dong ya, efek lumer yang terjadi memang dikarenakan sifat jelly yang akan kembali mecair saat terkena panas. Coba saja bikin jelly, diamkan di panci sampai mengeras lalu nyalakan lagi api kompor, pasti jellynya lumer lagi deh.

Tadi saya bilang bahwa keju cheddar adalah kesalahan pertama mereka dalam resep "mozzarella rumahan" dan ini adalah kesalahan FATAL. Saya berani menyebut bahwa ini adalah kesalahan fatal karena mozzarella dan cheddar merupakan dua jenis keju berbeda, apanya sihhh yang bedaaa, beda sejarahnya, beda asal mula daerah pembuatannya (beda negara boooo), beda teksturnya juga. Kalau mau tau lebih banyak nanti saya bahas lebih detail lagi mengenai khasnya beberapa keju, kalau masih ingat materi jaman kuliah dulu ya huahaha...

OK, kali ini saya hanya akan menginformasikan bahwa resep yang beredar tersebut sebenarnya adalah resep saus keju (cheddar sauce), bukan mozzarella. Yang sudah tahu mengenai informasi ini jangan sampai salah sebut lagi ya ;)


4 comments:

  1. Wuaduh, resep yg cheddar parut + susu uht + tepung tapioka itu jdnya cheddar sauce? Padahal dipakai utk topping pizza biar dpt keju yg meleleh n mulur gitu.. Justru saya mau tanya resepnya itu tepung tapioka boleh dganti sagu apa nggak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah... berarti pertanyaan yang satu lagi ga usah dijawab ya haha. Bertaubatlah yang masih suka memfitnah si cheddar sauce sebagai mozzarella :p :p

      Delete
  2. Hahaha iya nanti namanya bukan pizza mozzarella deh, tapi pizza cheddar hehehe.

    Jd utk cheddar sauce ini yg bikin efek meleleh dan agak mulur jd mirip mozzarella itu tepung tapioka apa sagu ya? Ada resep yg blg maizena jg sih. Utk yg paling mendekati kemiripan dg mozzarella (efek melelh dan mulur gt) pakai yg mana tambahan tepungnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada istilah pizza mozzarella atau pizza cheddar. Bikin pizza itu terserah kita sebagai penikmatnya mau pakai topping keju yang mana. Kalau sya biin pakai Swiss Cheese atau Colby juga bisa saja.

      Kalau membicarakan "meleleh", cheddar sauce pasti meleleh karena dia itu saus. Kalau mau efek mulur, daripada menipu diri sendiri, gunakan saja mozzarella.

      Delete

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, memberi saran, atau sekedar berkomentar tentang postingan ini.