Apr 27, 2016

Homemade Strawberry Jam (Selai Strawberry)

Sudah tahu bedanya jelly, jam, & preserves kan ya karena sudah saya posting di FP tahun lalu. OK sekarang kita coba buat sendiri yuk. Resep yang saya dapat dari Knox ini menjelaskan proses pembuatan jam, tapi dari 1 resep ini bisa jadi 3 macam selai tersebut sesuai keinginan kita. Kalau mau bikin jelly silahkan pakai sarinya saja, kalau mau preserves berarti sisakan sebagian buah (dicincang kasar/dibelah 4).

Di resep ini, gelatin digunakan untuk menggantikan pektin yang harganya "lumayan". Gelatin tidak bisa diganti agar-agar, jika tidak ada gelatin lebih baik tambah takaran gula saja untuk mengentalkan selai dan sebagai pengawet alami.


Strawberry Jam
Resep dari Knox
by Rina Laurence

Bahan-bahan

  • 1 sachet Knox gelatine (7gr)
  • ½ cup (120ml) air
  • 500gr strawberry dihaluskan
  • ⅓ cup (80gr) gula pasir (boleh tambah sesuai selera)
  • 3sdm sari lemon
  • ⅛ sdt garam

Cara membuat:

  1. Tuang air ke panci berbahan tebal. Tabur rata gelatin di air, diamkan 2 menitan lalu nyalakan api sangat kecil dan aduk sekitar 3 menit sampai gelatin tercampur rata.
  2. Masukkan semua bahan lainnya dan aduk terus di panas rendah sampai mulai berbuih, naikkan suhu sedikit-sedikit sambil terus aduk sampai gula larut dan tekstur kental. Hati-hati gosong! Api jangan besar!
  3. Siapkan wadah kaca steril (sudah direbus), tuang selai lalu diamkan sampai hangat, tutup. Simpan di kulkas (max 1 bulan).


Harap selalu diingat bahwa CUPS yang digunakan dalam setiap postingan Recipes by Rina adalah measuring cups khusus untuk baking dengan ukuran standard Amerika Serikat (cirinya: 1 cup = 240ml, 1 sdm = 15ml). Jika Anda tidak menggunakan measuring cups yang sama, maka silahkan ikuti takaran metricnya saja (takaran dalam gr, ml, L, dll.). Untuk hasil maksimal, sebisa mungkin JANGAN gunakan sendok makan atau gelas minum karena sudah pasti takarannya berbeda dari perlengkapan standard untuk baking. SHARING boleh, MALING ga boleh dong yaa. Stop pencurian konten, jadilah orang yang bangga akan karya sendiri, bukan hasil curian. Jika postingan ini bermanfaat dan Anda suka, silahkan share dengan cara klik tombol sosial media (facebook, whatsapp, G+, twitter, pinterest, dll) yang ada di blog ini tanpa mengkopi dan mengupload ulang konten dari sini ke blog atau sosial media milik Anda.

0 replies:

Post a Comment

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, memberi saran, atau sekedar berkomentar tentang postingan ini.