Apr 23, 2016

Taro Flavored Silky Jelly Dessert

Dessert yang satu ini biasanya disebut sebagai silky pudding atau pudding Puyo oleh orang Indonesia pada umumnya. Saya tidak menyebutnya sebagai pudding karena bagi saya pudding dan jelly adalah 2 jenis dessert berbeda. Kita bisa menambahkan jelly dalam adonan pudding, tapi tidak berarti semua dessert mengandung jelly bisa disebut pudding ya.

Teksturnya mirip sekali dengan pannacota, jiggly tetapi masih kokoh (bukan keras ya), saat disendok sangat lembut dan ketika menyentuh lidah langsung nyesss pyarrr lumerrr. Saat jarnya dimiringkan terlihat  seperti minuman yang akan tumpah (saking lembutnya), tetapi dia tidak jatuh karena kokohnya itu. Penasaran? Langsung saja check out resepnya.


Taro Flavored Silky Jelly Dessert
Rina Laurence
Bahan-bahan:
  • 1L Sari kedelai tanpa gula
  • 2 sdt (4gr) serbuk jelly instan tanpa rasa
  • 3 sdm bubuk taro
  • Madu asli / stevia / gula secukupnya sbg pemberi rasa manis
  • ⅛ sdt garam
  • beberapa tetes pewarna makanan jika dirasa perlu

Pelengkap:
  • 250gr Tapioca pearls siap pakai
  • Chia hitam secukupnya

Cara membuat:
  1. Campur serbuk jelly dan taro dengan 100ml sari kedelai, aduk rata.
  2. Panaskan sari kedelai, masukkan larutan jelly, aduk rata dan biarkan sampai muncul buih kecil (dipanaskan ya, bukan dididihkan). Matikan api.
  3. Masukkan pemanis sesuai pilihan, aduk rata. Masukkan garam, aduk rata lagi dan biarkan agak turun suhunya.
  4. Tuang silky jelly ke jars atau gelas-gelas saji memenuhi ¾ bagian saja. Beri beberapa sendok tapioca pearls dan chia sampai kelihatan penuh. Taburi atasnya dgn sedikit chia.
  5. Diamkan sampai suhu ruang, tutup dgn cling wrap dan simpan di lemari es minimal 4 jam. Sajikan dingin.



Harap selalu diingat bahwa CUPS dan sendok yang digunakan dalam setiap postingan Recipes by Rina adalah measuring cups & sendok khusus untuk baking dengan ukuran standard Amerika Serikat (cirinya: 1 cup = 240ml, 1 sdm = 15ml). Jika Anda tidak menggunakan measuring cups yang sama, maka silahkan ikuti takaran metricnya saja (takaran dalam gr, ml, L, dll.). Untuk hasil maksimal, sebisa mungkin JANGAN gunakan sendok makan atau gelas minum karena sudah pasti takarannya berbeda dari perlengkapan standard untuk baking.

SHARING boleh, MALING ga boleh dong yaa. Stop pencurian konten, jadilah orang yang bangga akan karya sendiri, bukan hasil curian. Jika postingan ini bermanfaat dan Anda suka, silahkan share dengan cara klik tombol sosial media (facebook, whatsapp, G+, twitter, pinterest, dll) yang ada di blog ini tanpa mengkopi dan mengupload ulang konten dari sini ke blog atau sosial media milik Anda.

0 replies:

Post a Comment

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, memberi saran, atau sekedar berkomentar tentang postingan ini.