May 9, 2016

Oats & Mixed Seeds Protein Pancake (Gluten Free, High Protein, Low Calories)

Protein pancakes, menu sarapan sehat berenergi. Bebas gluten & gula, rendah kalori, tinggi protein, kaya omega 3. Cocok sebagai muscles recovery food untuk yang rajin olah raga atau yang mau makan enak tapi ngga khawatir nambah timbunan lemak. Lembut banget tekturnya dan setiap gigitan penuh nutrisi bermanfaat bagi tubuh.

Pancake ini menu diet high protein lho. Hmmm..., kalau sekedar dibilang menu sehat pasti ngga ada yang lirik ni resep, tapi kalau dibilang ini menu diet pasti langsung pada tertarik, ya ngga? Karena diet biasanya disalah artikan dengan kepingin kurus, padahal diet itu ya artinya berpantang atau dalam pola makan tertentu yang biasanya dikarenakan alasan kesehatan maupun kepercayaan, bukan berarti berhenti makan atau bikin badan tersiksa kelaparan ya. Anda cuma makan makanan halal? Itu halal diet namanya. Anda gluten intolerant? Berarti harus menjalani gluten free diet. Apakah orang yang cuma makan makanan halal & bebas gluten menjalani dietnya karena kepingin kurus??? Ngga kaaaan... Nah, makanya mulai sekarang kalau dengar kata diet jangan langsung mikir "kurus", apalagi mikirin hilang 5kg seminggu (sumpah ini ngga sehat banget karena sebenarnya yang hilang adalah berat air dan massa otot, rela punya badan kurus tapi merusak tubuh dari dalam dan akhirnya jadi gampang penyakitan??).



Oats & Mixed Seeds Protein Pancake
by Rina Laurence
Bahan-bahan:
  • 2 putih telur ukuran besar
  • 2½ sdm whey protein concentrate
  • ⅓ cup rolled oats
  • 2 sdm mixed seeds
  • 2 sdm kelapa parut kering
  • Stevia secukupnya (atau pemanis lain)
  • ⅛ sdt pure baking soda
Pelengkap:
  • 1 buah pisang, potong
  • 1 sdt black chia seeds
Cara membuat:
  1. Campur oats & mixed seeds, haluskan sampai jadi tepung lalu campur dengan kelapa kering, stevia, & baking soda, aduk rata.
  2. Kocok putih telur sampai mengental, tidak perlu sangat mengembang, masukkan whey protein powder dan lanjutkan mengocok sampai rata.
  3. Masukkan campuran tepung sedikit-sedikit ke kocokan telur sambil dimixer speed rendah sampai rata.
  4. Panaskan wajan anti lengket, tuang adonan secukupnya. Balik pancake saat mulai kelihatan mengembang, angkat.
  5. Sajikan pancakes dengan buah dan taburan black chia seeds.

Notes:
  1. Bahan-bahannya ngga umum banget sih? Ini murni resep pancake bikinan saya, dibuat dengan apa yang saya bisa temukan saat buka lemari es. Beberapa bahan mungkin asing bagi Anda, tapi justru bagus kan... nambah pengetahuan. Sebenarnya bahan-bahan ini tidak aneh dan mereka mudah didapat ko (yang terbiasa dengan menu makanan sehat pasti sudah tau ya bahan²nya).
  2. Ko cuma pakai putih telur? Kalau pakai telur utuh, boleh? Saya cuma pakai putih telur karena lebih fokus ke kandungan proteinnya dan menghindari lemak serta kolesterol dari kuning telur. Well, it's a healthy muscles food recipe.
  3. Protein powdernya bebas. Mau pakai whey protein concentrate (WPC) seperti yang saya buat di resep ini, atau lebih suka whey protein isolate (WPI) karena partikelnya jauh lebih kecil dan lebih cepat diserap tubuh boleh saja. Pakai protein nabati juga boleh. Dikarenakan proses pembuatannya dan kandungannya, saya lebih pilih WPC, errhh... faktor harga juga berpengaruh sih haha. 
  4. Beli protein powder dimana? Coba ke mall dan cari toko yang khusus jual aneka suplemen fitness. Bisa juga ke gym, biasanya mereka jual supplemen fitness. Paling gampang ya beli online.
  5. Mixed seeds itu apa? Itu lho... Campuran berbagai jenis biji-bijian (biji wijen hitam & putih, biji bunga matahari, flaxseeds, oats, kadang ada biji labunya juga). Kalau tidak punya mixed seeds bisa juga diganti almond atau kacang mede, terserah mau mentah atau disanggrai.
  6. Kelapa parut kering digunakan supaya pancakenya gurih meski tanpa garam. Kalau tidak ada, silahkan pakai garam secukupnya, atau tidak usah pakai samasekali (sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing)
  7. Penggunaan stevia bisa diganti dengan gula rendah kalori, gula palem, atau madu (sesuaikan dengan apa yang Anda sukai)
  8. Buah pelengkapnya bisa diganti dengan kiwi atau mixed berries, terserah Anda saja, tapi jangan durian juga sih haha.
  9. Chia seeds dengan segala manfaatnya menjadikan menu ini lebih sehat. Yang mau beli organic chia seeds bisa pesan di saya melalui LINE/FB Page: recipesbyrina (jiahhh boleh dong dagang di blog sendiri)

PENTING:
Ingat, pancakes ini mungkin tidak cantik, tapi kandungan gizinya jauh lebih baik dari pancake yang biasa. Menu sarapan ini cocok banget untuk yang ingin lebih fit dan menjaga berat badan karena kandungan proteinnya bikin kenyang lebih lama sehingga rasa lapar tidak cepat datang. Percaya deh, menjaga berat badan itu caranya dengan mengganti bahan-bahan makanan Anda dengan yang lebih sehat, bukannya malah nyiksa diri dengan ngurangin atau ngga makan sama sekali. Kalau Anda masih dalam pola diet yang bikin kelaparan, bertobatlah sebelum organ dalam Anda rusak karena kurang asupan gizi. Serius nih... Daripada maksa kurus ternyata jadi penyakitan, lebih baik ganti pola makan ke yang lebih sehat.

Keep being healthy, don't starve your body.
Be lean & strong not skinny!

Harap selalu diingat bahwa CUPS yang digunakan dalam setiap postingan Recipes by Rina adalah measuring cups khusus untuk baking dengan ukuran standard Amerika Serikat (cirinya: 1 cup = 240ml, 1 sdm = 15ml). Jika Anda tidak menggunakan measuring cups yang sama, maka silahkan ikuti takaran metricnya saja (takaran dalam gr, ml, L, dll.). Untuk hasil maksimal, sebisa mungkin JANGAN gunakan sendok makan atau gelas minum karena sudah pasti takarannya berbeda dari perlengkapan standard untuk baking.

SHARING boleh, MALING ga boleh dong yaa. Stop pencurian konten, jadilah orang yang bangga akan karya sendiri, bukan hasil curian. Jika postingan ini bermanfaat dan Anda suka, silahkan share dengan cara klik tombol sosial media (facebook, whatsapp, G+, twitter, pinterest, dll) yang ada di blog ini tanpa mengkopi dan mengupload ulang konten dari sini ke blog atau sosial media milik Anda.

0 replies:

Post a Comment

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan, memberi saran, atau sekedar berkomentar tentang postingan ini.