Jun 5, 2016

Aneka Bahan Pengganti Telur

Sebelum salah paham, harap diperhatikan bahwa bahan-bahan berikut ini digunakan BUKAN SUPAYA IRIT ataupun karena ingin untung selangit tanpa menambahkan telur ke dalam adonan. Jika motif Anda membuka artikel ini karena ingin irit dan mengejar untung selangit, maka Anda salah tempat. Sampai saat ini saya masih belum memiliki mentalitas demikian sehingga bisa dipastikan meskipun ini adalah artikel mengenai bahan pengganti tetapi tetap saja kandungan gizi tidak diabaikan, bahkan sebagian dari bahan pengganti  telur ini ada yang harganya lebih mahal dari telur itu sendiri. Tujuan saya posting bahan pengganti telur ini supaya yang vegan atau memiliki alergi telur bisa ada gambaran alternatif bahan apa saja yang bisa digunakan saat ada resep yang membutuhkan telur. Artikel ini juga berguna bagi Anda supaya tidak mati gaya saat ingin baking tapi ternyata stock telur habis. Fungsi bahan-bahan ini bukan sebagai salah satu pengembang seperti telur tetapi tetap jadi salah satu bahan basah yang berfungsi sebagai PENGIKAT dan pelembut adonan.

Bahan-bahan berikut ini tentu masih mengandung gizi dan sebagian bahkan memiliki kandungan gizi yang lebih baik dari telur. Perbandingan berikut ini adalah untuk sebutir telur, silahkan kalikan sendiri jika dalam satu resep butuh lebih dari sebutir telur.
  • Pisang Cavendish matang ukuran sedang (sekitar 18cm) = ½ buah, dilumatkan.
  • 1 sdm bubuk agar-agar dicampur dengan 1 sdm air
  • 1 sdm bubuk protein kedelai dicampur dengan 3 sdm air
  • 1/4 cup tahu sutera yang sudah dihaluskan atau yang biasa disebut dengan tahu Jepang:
  • 1/4 cup plain yogurt (bukan yogurt drink lho ya)
  • Flaxseeds: 1 sdm dihaluskan dicampur dengan 3 sdm (45 ml) air aduk rata dan diamkan beberapa menit.
  • 1 sdm chia seeds dicampur dengan 80ml air, diamkan minimal 20 menit supaya membentuk jelly
  • ½ cup applesauce siap pakai
Semua bisa digunakan dalam membuat cake dan quickbread, tetapi untuk cookies amannya pakai pisang, chia seeds, dan flaxseeds.

Artikel ini kemungkinan besar akan selalu diedit dan Anda akan mendapat tambahan informasi setiap kali membacanya. Postingan pertama saya ketik hari ini tanggal 5 Juni 2016 & setiap kali ada tambahan akan saya cantumkan tanggal edit di bagian bawah artikel. Semoga bermanfaat. Stay healthy and be fit!

Update: I removed the English version because I will post all the contents in English in my other blog. 

(Informasi didapatkan dari berbagai sumber)

0 replies:

Post a Comment

Have you got any question(s) related to the recipe above? Don't hesitate to shoot it here! [Comments are moderated to keep this blog spam and troll free]